Kelompok Mata Kuliah Pendidikan Kimia

PEKI 4101, Kimia Dasar 1, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari ilmu kimia dan menerapkannya dalam proses pembelajaran. Mata kuliah ini mencakup konsep-konsep tentang dasar-dasar ilmu kimia, atom, molekul dan ion-ion, stoikhiometri, struktur atom, sistem periodik, konsep-konsep dasar ikatan kimia, gas dan termodinamika.

PEKI 4202, Kimia Dasar 2, 3 sks.
Mata kuliah ini berisi pemahaman konsep-konsep dasar ilmu kimia dan menerapkannya dalam proses pembelajaran. Sebagai kelanjutan dari mata kuliah Kimia Dasar 1, mata kuliah ini membahas tentang prinsip keseimbangan kimia, kimia larutan, koloid, kinetika kimia, elektrokimia, kimia unsur, kimia inti dan hodrokarbon.

PEKI 4203, Kimia Organik 1, 2 sks.
Dengan mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami karakteristik dan klasifikasi senyawa karbon dan mampu mengaitkannya dengan berbagai masalah yang berkenaan dengan bahan alam. Untuk itu mahasiswa dituntut mempelajari klasifikasi senyawa karbon dan karakteristiknya. Mata kuliah ini membahas tentang gugus fungsi, hidrokarbon alifatik, alisikik, aromatik, senyawa halida, alkohol dan ester, senyawa karbonil, asam karboksilat, amina dan senyawa bergugus fungsi ganda. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes yang diberikan, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS), maupun Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk tes tertulis.

PEKI 4204, Kimia Anorganik 1, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang hubungan antara sifat-sifat unsur dan senyawa, letak unsur0unsur dalam sistem periodik, kecendrungan sifat-sifat unsur dan senyawa dalam golongan maupun antargolongan dan konsep dasar reaksi dalam kimia Anorganik, Mata kuliah ini juga membahas tentang unsur-unsur non logam yang meliputi sifat fisik dan kimia unsur dan senyawa serta cara pembuatan dan penggunaannya. Unsur-unsur non logam yang dibahas adalah hidrogen, gas mulia, oksigen, belerang, nitrogen, posfor, carbon, silikon dan halogen. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes yang diberikan yaitu Ujian Akhir Semester dalam bentuk tes tertulis.

PEKI 4205, Kimia Analitik 1, 3 sks.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang dasar-dasar metode analisis kimia konvensional. Mata kuliah ini menjabarkan lingkup kajian kimia analitik yaitu dasar-dasar kimia analitik, peralatan dan metode analisis kimia, tahap-tahap pekerjaan analisis, analisis kualitatif anion dan kation, serta analisis kualitatif zat anorganik dengangravimetri dan volumetri.

PEKI 4206, Kimia Fisika 1, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang sifat-sifat gas, konsep dasar termodinamika, hukum I termodinamika, termokimia, hukum II termodinamika, hukum III termodinamika, fungsi energi bebas, kesetimbangan kimia, kesetimbangan fasa.

PEKI 4308, Kimia Organik 2, 3 sks.
Perkuliahan Kimia Organik 2 bertujuan memberikan mengenai senyawa yang memiliki gugus fungsi lebih dari satu dan reaksinya serta senyawa yang memiliki atom lain selain karbon dan hidrogen pada siklik yang terbentuk yang berguna untuk mempelajari senyawa bahan alam. Materi perkuliahan meliputi senyawa bifusi dan reaksinya, senyawa aromatis polisiklik dan heterosiklik, karbohidrat, lipida, senyawa bahan alam yang berhubungan dengan lipida, asam amino dan protein, dan senyawa bahan alam yang berhubungan dengan asam amino. Prasyarat untuk mengikuti perkuliahan ini adalah mata kuliah Kimia Organik 1. Pembelajaran mata kuliah ini menggunakan pendekatan konsep menggunakan metode diskusi dan pemecahan masalah. Evaluasi hasil belajar berupa Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk soal objektif.

PEKI 4309, Kimia Anorganik 2, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas konsep dasar struktur dan energetika padatan anorganik, prediksi dan korelasi dalam reaksi redoks dan prinsip ekstraksi logam serta terapannya untuk memahami kecendrungan sifat, sumber, pembuatan dan kegunaan unsur-unsur logam alkali, alkali tanah, logam V, Cr, Mn, Fe, Co, Ni, Cu, Ag, dan Au.

PEKI 4207, Kimia Analitik 2, 3 sks.
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa jurusan pendidikan kimia dengan pemahaman tentang teknik dan dasar-dasar pemisahan non instrumental. Lingkup perkulihan meliputi kegunaan dan ragam pemisahan serta kedudukan pemisahan dalam pekerjaan analisis, termodinamika pemisahan, ekstrasi pelarut, kromotografi (kertas, lempeng tipis, kolom, penukar ion) serta elektroforesis.

PEKI 4416, Kimia Organik 3, 3 sks.
Perkuliahan Kimia Organik 3 bertujuan memberikan pemahaman tentang sifat intramolekuler senyawa organik, prinsip stereokimia dan mekanisme reaksi senyawa organik. Materi perkuliahan meliputi sifat intramolekuler(momen dipol, efek induksi,resionansi, sterik dan hiperkonjugasi), stereokimia dan berbagai mekanisme reaksi organik. Prasyarat untuk mengikuti perkuliahan ini adalah mata kuliah Kimia Organik I. Pembelajaran mata kuliah ini menggunakan pendekatan konsep menggunakan metode diskusi dan pemecahan masalah dengan media OHP, model molekul. Evaluasi hasil belajar berupa tes objektif dan essay terstruktur.

PEKI 4418, Kimia Bahan Makanan, 2 sks.
Mata kuliah ini menurut mahasiswa untuk mengkaji komposisi, sifat dan peranan bahan makanan. Mata kuliah ini membahas tentang air, karbohidrat, minyak dan lemak, protein, vitamin dan mineral, serta zat aditif makanan. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui ujian tengan semester dalam bentuk tugas mandiri dan ujian akhir semester (UAS).

PEKI 4301, Strategi Pembelajaran Kimia, 4 sks.
Mata kuliah ini mengkaji bahasan yang melandasi pelaksanaan strategi pembelajaran. Materi yang diberikan meliputi hakikat strategi pembelajaran, prosedur umum pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, penggunaan metode pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, peran guru dalam pembelajaran, dan penerapannya dalam pembelajaran bidang studi pendidikan kimia.

PEKI 4302, Evaluasi Pembelajaran Kimia, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas topik-topik yang berkaitan dengan hakikat evaluasi dalam pembelajaran kimia, yang terdiri dari pengembangan tes maupun non tes, tes uraian dan objektif, evaluasi produk dan proses, serta portofolio. Selanjutnya mata kuliah ini juga menjelaskan berbagai indikator yang dugunakan untuk mengukur kualitas alat penilaian, proses pengolahan dab teknik pelaporan untuk disampaikan kepada para pengguna yaitu masyarakat pendidikan dan orang tua siswa. Penguasaan materi yang terkandung didalam mata kuliah ini dapat dilakukan mahasiswa dengan mengerjakan latiahn dan tes formatif yang terdapat dalam BMP, sedangkan untuk penguasaan akhir dapat dilakukan melalui Ujian Akhir Semester.

PEKI 4303, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Kimia, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang penerapan kurikulum berbasis kompetensi untuk pelajaran kimia. Oleh karenanya dalam mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk menganalisis kurikulum pendidikan dasar yang berupa perngertian dan hakikat kurikulum, komponen-komponen kurikulum, karakteristik kurikulum kimia, analisis GBPP Kimia, serta penerapan kurikulum kimia di SMA/MA/SMK. Kemampuan mahasiswa diukur dengan menggunakan tes tertulis.

PEKI 4304, Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM), 4 sks.
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjadi guru yang mengajar secara efisien dan efektif. Hal ini dikarenakan mata kuliah ini merupakan program yang memeberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan segala pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperoleh dari berbagai mata kuliah dalam pembelajaran Kimia di SMA/Aliyah/SMK. Kemampuan mahasiswa dinilai melalui praktik dan tes tertulis.

PEKI 4308, Kimia Organik 2, 3 sks.
Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami karakteristik dan klasifikasi senyawa karbon dan mampu mengaitkannya dengan berbagai masalah yang berkenaan dengan bahan alam. Untuk itu mahasiswa dituntut mempelajari klasifikasi senyawa karbon dan karakteristiknya. Mata kuliah ini membahas tentang gugus fungsi, hidrokarbon alifatik, alisikik, aromatik, senyawa halida, alkohol dan ester, senyawa karbonil, asam karboksilat, amina dan senyawa bergugus fungsi ganda. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes yang diberikan, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS), maupun Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk tes tertulis.

PEKI 4310, Kimia Fisika 2, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep larutan dan kinetika kimia. Konsep-konsep yang dibahas meliputi konsep dasar larutan , komposisi larutan, sifat koligatif larutan, non elektrolit dan larutan elektrolit baik untuk larutan ideal maupun larutan nyata, mekanisme penghantaran, hantaran larutan elektrolit, bilangan angkut, mobilitas ion dalam larutan, keaktifan dalam larutan, sel elektro kimia, EMF dan pengukurannya, jenis-jenis elektroda revelsibel, potensial elektroda standar, termodinamika, sel elektrokimia, jenis-jenis sel elektrokimia, penentuan PES dan koefisien keaktifan ion, penentuan tetapan kesetimbangan asam lemak dan Ksp, penentuan pH larutan, persamaan laju dan ordo reaksi, pengaruh suhu dan katalisator terhadap laju reaksi, teori-teori kinetika reaksi, mekanisme reaksi komposit dan fatokimia.

PEKI 4311, Praktikum Kimia 1, 3 sks.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan laboratorium dalam identifikasi, melakukan pengukuran dan analisis serta mengkomunikasikan hasil pekerjaannya dalam bidang kimia analistik, organik, anorganik, biokimia dan kimia fisika. Topik-topik percobaan yang dibahas adalah titrasi volumetri, analisis kualitatif zat anorganik, identifikasi gugus fungsi pada senyawa organik, identifikasi makronutrien, laju reaksi kimia dalam larutan, kesetimbangan fasa, pembuatan beberapa senyawa anorganik, beberapa teknikpemisahan komotgrafi dan sintesis beberapa senyawa organik.

PEKI 4312, Kimia Lingkungan, 2 sks.
Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan menghayati masalah-masalah lingkungan dan berusaha mencegah atau menanggulanginya, serta mampu menjadikan siswanya orang yang ramah lingkungan. Untuk itu mahasiswa ditunut untuk mengkaji isu-isu lingkungan dan pengelolaan lingkungan. Mata kuliah ini membahas tentang isu lingkungan global, atmosfer, litosfer, hidrosfer, pencemaran lingkungan hidup, dan sampah B3. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes yang diberikan, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS), maupun Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk tertulis.

PEKI 4313, Radiokimia, 2 sks.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami penggunaan dan bahaya kerakdioaktifan serta mampu menerapkan dalam proses pembelajaran. Untuk itu mahasiswa dituntut untuk mengkaji model inti, gejala kerakdioaktifan, dan pengukuran radiasi inti. Mata kuliah ini membahas tentang sifat dan struktur inti, model inti, cara deteksi, cara pengukuran radiasi inti, dan pengukuran kerakdioaktifan. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes yang diberikan, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS), maupun Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk tes tertulis.

PEKI 4314, Kimia Analitik Instrumen, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami teknik analisis modern dengan menggunakan berbagai instrumen, dan memperluas wawasan guru. Untuk itu mahasiswa dituntut mempelajari berbagai teknik analisis modern. Mata kuliah ini membahas prinsip dasar instrumentasi, penerapan metode-metode optik, elektroanalisis, dan pemisahan. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes yang diberikan, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS), mapuan Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk tes tertulis.

PEKI 4401, Materi Kurikuler Kimia SMP dan SMA, 3 sks.
Mata kuliah Materi Kurikuler Kimia SMP dan SMA membahas secara mendalam ilmu kimia yang meliputi tentang materi dan sifatnya, struktur atom dan sistem periodik, unsur-unsur golongan utama dan transisi, ikatan kimia dan struktur molekul, stoikiometri, termokimia, larutan elektrolit dan non elektrolit, asam dan basa, sifat koligatif larutan dan sistem koloid, kinetika dan kesetimbangan kimia, redoks dan elektrokimia, hidrokarbon, gugus fungsi, dan makromolekul sehingga para guru dapat membuat silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di tingkat SMP/SMU.

PEKI 4405, Pembaharuan dalam Pembelajaran Kimia, 3 sks.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa sebagai guru dengan wawasan, sikap, dan keterampilan menerapkan berbagai pembaharuan dalam pembelajaran kimia. Untuk memperoleh kemampuan tersebut mahasiswa akan mengkaji pelbagai pembaharuan dalam pembelajaran: mengkaji dan berlatih menerapkan topik-topik pembaharuan dalam pembelajaran yang dapat digunakan oleh bidang studi pendidikan kimia seperti pembelajaran kreatif dan produktif, pembelajaran kooperatif dan kolaboratif, pembelajaran berbasis budaya, pembelajaran berwawasan demokrasi dan HAM, pembelajaran terpaud dan kelas rangkap: serta mengkaji dan berlatih menerapkan pembelajaran berbasis kompetensi dengan menggunakan pembelajaran kontekstual, pembelajaran berbasis STM dan pembelajaran elearning.

PEKI 4416, Kimia Organik 3, 3 sks.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami mekanisme reaksi senyawa organik dan mampu menerapkan dalam proses pembelajaran. Untuk itu mahasiswa dituntut untuk mengkaji konsep-konsep dasar tentang sifat molekul, resonansi, kearomatikan, dan stereokimia guna mempelajari mekanisme reaksi senyawa organik. Mata kuliah ini membahas konsep-konsep yang mendasari mekaniasme reaksi senyawa organik dan mekanisme reaksi yang terjadi pada senyawa organik (mekanisme reaksi substitusi, adisi, eliminasi, dan penataan ulang). Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes yang diberikan, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS), maupun Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk tes tertulis.

PEKI 4417, Kimia Anorganik 3, 2 sks.
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa pendidikan kimia tentang senyawa koordinasi dengan ruang lingkup sebagai berikut: Terminologi, Karakteristik, Metode Pendektesian, Aplikasi, Klarifikasi, Tatanama dan Isomerisasi, Ikatan Dalam Senyawa Koordinasi, Spektraelektronik, Preparasi dan Reaksi Senyawa Koordinasi, Kestabilan, Kinetika dan mekanisme Reaksi Senyawa Koordinasi.

PEKI 4418, Kimia Bahan Makanan, 2 sks.
Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami aspek kimiawi dalam makanan dan mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran. Untuk itu mahasiswa dituntut untuk mengkaji komposisi, sifat dan peran bahan makanan. Mata kuliah ini membahas tentang air, karbohidrat, minyak dan lemak, protein, vitamin dan mineral, serta zat aditif makanan. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes yang diberikan, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS), maupun Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk tes tertulis.

PEKI 4419, Kimia Fisika 3, 2 sks.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami teori kinetika gas dan kinetika kimia dan mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran. Untuk itu mahaiswa dituntut untuk mempelajari sifat-sifat gas secara teoritis, distribusi kecepatan molekul, tumbukan antar partikel dan ekipartisi energi, kinetika reaksi-reaksi elementer, kinetika reaksi kompleks, teori reaksi kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes yang diberikan, yaitu Ujian Tangah Semester (UTS), maupun Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk tes tertulis.

PEKI 4420, Praktikum Kimia 2, 3 sks.
Mata kuliah ini untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan laboratorium dalam identifikasi, melakukan pengukuran dan analisis serta mengkomunikasikan hasil kerjanya dalam bidang kimia analitik, organik, anorganik, biokimia dan kimia fisika. Topik-topik percobaan yang dibahas adalah titrasi potensiometri, elektroforesis, kolorimetri dan spektrofotometri sinar tampak, ekstraksi pelarut, pengujian kualitas air, analisis senyawa organik dengan teknik polarometri, analisis kuantitatif makronutrien, analisis kuantitatif produk isalasi bahan alam, penentuan komposisi dan kestabilan kompleks.

PEKI 4421, Kimia Farmasi, 2 sks.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami efek obat pada tubuh manusia. Untuk itu mahasiswa dituntut untuk mempelajari perjalanan obat dalam tubuh manusia serta efeknya. Mata Kuliah ini membahas tentang obat, perjalanan obat, dan efeknya pada tubuh terutama ditinjau dari kimia biologisnya. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes yang diberikan, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS), maupun Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk tes tertulis.

PEKI 4422, Kimia Terapan, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep yang berkaitan dengan penerapan ilmu kimia dalam berbagai bidang kehidupan manusia, khususnya yang berkaitan dengan industri kimia. Konsep-konsep tersebut adalah proses dalam industri kimia tentang bahan baku serta pengendalian mutu produk, kimia petroleum, zat kimia dari minyak bumi, sintesis atau pengubahan zat kimia dari bahan minyak bumi, logam dan industri bahan anorganik (gelas, keramik, semen), garam dan zat aditif, pupuk dan pestisida, deterjen dan kosmetika, bioproses untuk iondustri dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, kimia obat serta lingkungan dan kualitas kehidupan.

PEKI 4423, Kimia Polimer, 2 sks.
Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami segala sesuatu yang berkenaan dengan polimer dan mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran. Untuk itu mahasiswa dituntut mempelajari polimer alami dan polimer sintetik. Mata kuliah ini mencakup struktur dan sifat polimer, pembuatan dan penggunaan polimer sintetik dan alami. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes yang diberikan, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS), maupun Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk tes tertulis.

PEKI 4500, Tugas Akhir Program (TAP), 4 sks.
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menguasai dan mamahami secara menyeluruh materi bidang studi kimia dan pembelajarannya. Oleh karena itu mata kuliah ini menguji kemampuan mahasiswa secara menyeluruh dalam bidang studi Kimia dan pembelajarannya, maka mata kuliah ini mengukur kemampuan mahasiswa dalam hal substansi, trend, dan pembelajaran ilmu kimia yang berbasiskan penelitian tindakan kelas. Kemampuan mahasiswa diukur dengan tes tertulis.

PEKI 4501, Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP), 4 sks.
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjadi guru yang mengajar secara efisien dan efektif. Hal ini dikarenakan mata kuliah ini merupakan program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan segala pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperoleh dari berbagai mata kuliah dalam pembelajaran Kimia di SMA/Aliyah/SMK. Kemampuan mahasiswa dinilai melalui praktik perbaikan pembelajaran dan pembuatan laporan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: