Kelompok Mata Kuliah Pendidikan Matematika

PEMA 4101, Hakikat dan Sejarah Matematika, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat matematika, matematika dan warisan budaya, perkembangan matematika, cara berpikir matematika modern, sifat kebenaran matematika, pondasi atau landasan matematika, geometri aksiomatis dan empiris, serta matematika sebagai metoda dan seni. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui hakikat matematika dan sejarah perkembangan matematika. Untuk itu mahasiswa dituntut membuat kesimpulan dari hasil bacaan-bacaan tentang hakikat dan sejarah matematika. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4102, Matematika Dasar I, 3 sks.
Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini mencakup bahasa logika, proposisi, perangkat kalimat, lingkaran, operasi pada proposisi, invers, konvers dan kontra posistif, kontradiksi, dan kontingensi, penalaran matematika, argumen, pembuktian, interpretasi dan reducsio ad ansordem, kuantor universal dan eksternal. Teori himpunan: himpunan dan operasi pada himpunan, diagram ven, hasil kali kartesus, himpunan kuasa, keluarga himpunan dan indeks, relasi dan sifat-sifatnya fungsi, macam dan operasi pada fungsi. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat berpikir induktif, deduktif, logis, terstruktur dan sistematis. Untuk itu mahasiswa harus melakukan latihan-latihan untuk menarik kesimpulan dari suatu masalah. Kesimpulan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4104, Work shop Matematika, 2 sks.
Mata kuliah ini berisi pembahasan definisi dan fungsi media pendidikan, alat peraga kekalan luas, alat peraga kekalan panjang, alar peraga kekalan volume, alat peraga transformasi bidang, alat peraga dalam percobaan dalam teori kemungkinan, alat peraga permainan matematika. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengenal bermacam-macam media/alat peraga dalam pengajaran matematika sekolah dan mampu menggunakannya. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4108, Kalkulus 1, 3 sks.
Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini mencakup fungsi satu variabel, limit, kekontinuan, diferensial dan penerapannya. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengkaji konsep-konsep dasar kalkulus. Oleh karena itu mahasiswa harus melakukan kajian terhadap konsep-konsep tersebut. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4130, materi Kurikulum Matematika SMP, 3 sks.
Mata kuliah ini berisi tentang materi-materi matematika SMP yang meliputi: bilangan bulat, bilangan rasional; bentuk aljabar; aritmatika sosial; perbandingan; persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel; persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel; himpunan; relasi dan fungsi; barisan dan deret; garis dan sudut; segi tiga; teorema Pythagoras; segiempat; lingkaran; bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen; bangun ruang dan unsur-unsurnya; peluang; dan statistika; dilengkapai dengan bagaimana menjelaskan kepada siswa SMP dengan menggunakan pendekatan dan atau media/alat peraga yang sesuai, serta menganalisis kesalahan konsep yang biasa ditemukan dalam memahami konsep-konsep tersebut bagi siswa atau guru (jika ada). Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4131, Materi Kurikuler Matematika SMA, 3 sks.
Mata kuliah ini berisi tentang materi matematika SMA yang terdiri dari persamaan dan tidak persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, sistem persamaan dan pertidaksamaan linier, bentuk pangkat, akar, dan logaritma, persamaan fungsi eksponen dan logaritma, pertidaksamaan fungsi eksponen dan logaritma, matriks, vektor, logika matematika, barisan dan deret, lingkaran, suku banyak dan teorema sisa, fungsi komposisi, fungsi invers, trigonometri, geometri ruang, statistika dan peluang, limit fungsi, turunan fungsi, dan integral. Materi ini dilengkapi dengan bagaimana menjelaskannya kepada siswa SMA dengan menggunakan pendekatan dan atau media/alat peraga yang sesuai , serta menganalisis kesalahan konsep yang biasa dilakuakn oleh guru atau siswa (jika ada). Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4203, Matematika Dasar 2, 3 sks.
Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini mencakup himpunan, persamaan dan tidak persamaan kuadrat, fungsi eksponensial dan logaritma, barisan, deret, induksi matematika dan peluang, matriks dan vektor. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menguasai materi dasar dalam matematika. Untuk itu mahasiswa harus melakukan latihan-latihan soal untuk mamantapkan materi-materi tersebut. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui tes.

PEMA 4205, Program Linier, 3 sks.
Materi yang disajikan mata kuliah ini mencakup formulasi masalah-masalah linier dan cara penyelesaiannya secara grafis dan metode simpleks; termasuk masalah primal dan dua, kemerosetan, model transportasi serta model assignment. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengkaji dan menerapkan model linier untuk mencari penyelesaian masalah optimasi. Untuk itu mahasiswa dituntut berlatih soal-soal optimasi yang penyelesaiannya menggunakan model linier. Kemampuan mahasiswa akan dikurur dengan tes.

PEMA 4206, Komputer 1, 2 sks.l
Materi yang dibahas daalam mata kuliah ini mencakup; sejarah perkembangan komputer, pengenalan sistem operasi DOS, windows 2000, serta pemakaian MS Word, MS Excel, dan internet dalam bidang pendidikan dan bidang umum. setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menggunakan komputer dan aplikasi software untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam bidang pendidikan maupun bidang umum. Untuk itu mahasiswa harus berlatih menggunakan MS Word, MS Excel, dan Internet. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4207, Geometri, 3 sks.
Mata kuliah geometri berisi istilah-istilah tak terdefenisi seperti titik, garis, bidang, ruang dan relasi keantaraan. Mata kuliah ini membahas pembuktian dengan penalaran induktif dan deduktif, kongruensi teorema kesejajaran, konsep segi banyak, konsep kesebangunan, pengertian linhgkaran, pengertian dan perhitungan luas serta volume. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami karakteristik bangun-bangun datar. Untuk itu mahasiswa dituntut mengkaji sifat-sifat bangun-bangun datar. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4209, Komputer 2, 2 sks.
Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup; pembahasan algoritma sequential dan conditional, algoritma pengulangan, algoritma prosedur dan fungsi, algoritma dengan data array, serta pemrograman komputer dalam bahasa Pascal dan C++ sesuai dengan algoritma tersebut, untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam bidang matematika dan bidang umum. setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat membuat algoritma dan pemrogramannya dalam bahasa Pascal dan C++. Untuk itu mahasiswa dituntut banyak berlatih membuat algoritma dan program sederhana dalam matematika. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4210, Statistika Pendidikan, 3 sks.
Dalam mata kuliah ini dibahas tentang pengetahuan dasar statistik, penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram, ukuran pemutusan, ukuran lokasi dan dispersi, memberikan gagasan dasar statistik yang banyak digunakan dalam praktik dan penelitian di bidang pendidikan matematika serta kehidupan sehari-hari. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkan konsep-konsep dasar statistik dalam pendidikan matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu mahasiswa dituntut melakukan latihan-latihan dalam masalah-masalah yang berkenaan dengan bidang pendidikan matematika maupun kehidupan kehidupan sehari-hari. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4213, Geometri Transformasi, 3 sks.
Mata kuliah ini berisi konsep-konsep relasi, fungsi, dan transformasi beserta sifat-sifatnya, pengertian isometri (pencerminan, translasi, rotasi, dan refleksi geser) beserta sifat-sifatnya, dilatasi dan similaritas beserta sifat-sifatnya, grup simetri dan grup dihedral. Setelah mempelajari mata kuliah ini, konsep isometri (pencerminan, translasi, rotasi, dan refleksi geser), serta konsep similaritas dan dilatasi. Untuk itu mahasiswa dituntut mengkaji konsep transformasi serta sifatnya dan menerapkannya dalam soal. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4216, Geometri Ruang, 3 sks.
Geometri ruang membahas tentang bangun ruang dan unsur-unsurnya, seperti hubungan antara garis dan bidang serta garis dan garis dalam ruang; ketegaklurusan garis terhadap bidang; hubungan bidang dengan bidang; serta jarak antara titik, garis dan bidang. Bahan kubus dan balok meliputi jaring-jaring dan sifat-sifat simetri yang dimilikinya serta perhitungan luas volumenya, sedangkan prisma menjelaskan pengertian bidang banyak, bidang banyak beraturan, macam-macam prisma, dan irisan bidang dengan prisma. Begitu juga dengan limas dan limas terpancung; perhitungan luas bidang sisi limas; perhitungan volume limas dan limas terpancung; serta perbandingan bagian-bagian volume limas yang dipotong oleh bidang sejajar dan jaring-jaringnya (khususnya limas-limas beraturan). Benda putar tabung akan membahas pengertian benda putaran, pengertian tabung sebagai benda putaran, serta cara menghitung luas selimut dan volumenya. Kemudian, kerucut berisi uraian tentang perhitungan luas dan volume kerucut, kerucut terpancung, bidang singgung kerucut dan lukisan kerucut, serta jaring-jaring kerucut. Pembahasan yang terakhir, yaitu pengertian bola sebagai tempat kedudukan serta unsur-unsurnya, hubungan antara bola dan bola, luas dan volume bola serta bagian-bagiannya. Setelah mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep geometri ruang dan terampil menerapkannya untuk menumbuhkan kreativitas. Oleh karena itu mahasiswa harus mengamati benda-benda ruang dan unsur-unsurnya. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4301, Kalkulus 2, 3 sks.
Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini mencakup integral tek tentu, integral tertentu dan teknik pengintegralan. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengkaji dan menerapkan teknik-teknik pengintegralan. Oleh karena itu mahasiswa harus melakukan latihan-latihan soal penerapan teknik integral. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4301, Strategi Pembelajaran Matematika, 4 sks.
Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup model-model pembelajaran dan implikasinya, teori pembelajaran dan penerapannya dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah, perkembangan pengajaran matematika, serta metode dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Setelah mempelajari matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan proses pembelajaran matematikka dengan pendekatan, metode, dan media yang sesuai. Oleh karena itu mahasiswa harus mengkaji model-model dan teori-teori dalam pembelajaran dan penerepannya dalam pembelajaran matematika. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4302, Evaluasi Pembelajaran Matematika, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran, pengembangan tes dan non tes, indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas alat penilaian, dan mengolah hasil pengukuran, serta aplikasinya dalam bidang studi matematika. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan menguasai berbagai konsep prosedur dan teknik penilaian proses belajar dan hasil belajar matematika. Untuk itu mahasiswa dituntut membuat contoh-contoh evaluasi proses dan hasil belajar matematika. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4303, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang penjabaran kurikulum, analisis kurikulum, proses pengembangan kurikulum, konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), rancangan, pelaksnaan, dan evaluasi pembelajaran matematika sesuai kurikulum yang berlaku. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menganalisis kurikulum dan merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran matematika di SMP/MTs dan SMA/MA sesuai kurikulum yang berlaku. Untuk itu mahasiswa di tuntut mengkaji kurikulum dan materi pembelajaran matematika di sekolah sesuai kurikulum yang berlaku. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4304, Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM), 4 sks.
Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal hakikat PKM dan perannya dalam pembentukan kemampuan profesional guru. Folkus utama PKM adalah praktik menyusun rencana pembelajaran dan melaksanakannya di kelas dengan menerapkan segala kemampuan yang diperoleh dari berbagai mata kuliah, di bawah ini bimbingan supervisor PKM/pengawas. Pencapaian belajar mahasiswa diketahui melalui praktik. Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memperagakan unjuk kerja pembelajaran di kelas. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mengkaji hakikat PKM dan perannya dalam pembentukan kemampuan mengajar, berlatih menyusun rencana pembelajaran dan kegiatan pembelajaran serta melaksanakan pembelajaran di kelas. Kemampuan mahasiswa dalam mengajar dinilai melalui uji praktik dan laporan.

PEMA 4311, Statistika Matematik, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep teorema probabilitas, sifat-sifat harga harapan dan varian serta distribusi probabilitas, jenis-jenis fungsi probabilitas diskrit dan kontinyu, momen dan fungsi pembangkit momen. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai teori-teori probabilitas dan menerapkannya dalam masalah statistik. Oleh karena itu mahasiswa diharapkan menyelesaikan soal-soal dalam probabilitas dan statistik. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4312, Teori Bilangan, 2sks.
Mata kuliah ini berisi pembahasan karakteristik, konsep-konsep dan prinsip-prinsip dalam himpunan bilangan bulat yang berkenaan dengan relasi-relasi keterbagaian dan kekongruenan, serta penerapannya untuk pemecahan masalah yang berkaitan dengan kahidupan sehari-hari dan mata kuliah lain. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan karakteristik, konsep-konsep dan prinsip-prinsip dalam himpunan bilangan bulat dan penerapannya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk itu mahasiswa dituntut mengkaji sifat-sifat bilangan bulat. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4314, Penerapan Matematika Sekolah, 4 sks.
Mata kuliah ini bersisi tentang terapan materi pokok matematika sekolah dalam kehidupan nyata. Bahasa diawali dengan objek langsung pembelajaran matematika yang diajarkan di sekolah berupa konsep, fakta, prinsip dan prosedur. Selanjutnya akan dibahas objek pembelajaran tak langsung berupa kemahiran matematika yang meliputi: penalaran, komunikasi dan pemecahan masalah. Selanjutnya kemahiran matematika itu diterapkan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata, yang berkaitan dengan materi pokok matematika sekolah. Matematika sekolah adalah matematika yang dipelajari di sekolah menegah pertama dan sekolah menengah atas. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan konep-konsep matematika sekolah dasar maupun menengah dalam penyelesaian masalah sehari-hari. Oleh karena itu mahasiswa harus mencari masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesakan dengan matematika sekolah. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4315, Struktur Aljabar, 4 sks.
Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini mencakup integral tak tentu, integral tertentu dan teknik pengintegralan. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengkaji dan menerapkan teknik-teknik pengintegralan. Oleh karena itu mahasiswa harus melakukan latihan-latihan soal penerapan teknik integral. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4317, Geometri Analitik Bidang dan Ruang, 3 sks.
Geometri analitik merupakan suatu bidang studi dari hasil perkawinan antara geometri dan aljabar. Seperti halnya dalam geometri yang dipilah menjadi geometri datar dan geometri ruang, maka dalam geometri analitik dibedakan pula menjadi geometri analiltik bidang, geometri analitik ruang. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi materi sistem koordinat kartesian dan persamaan garis lurus dalam R2. Lingkaran, elips, hiperbola dan parabola, transpformasi susuan sumbu (translasi dan rotasi), persamaan kutub dan grafiknya, persamaan parametik dan vektor pada bidang, vektor pada ruang, grafiknya, persamaan parametik dan vektor pada bidang, vektor pada ruang, persamaan garis, dan persamaan bidang R3, persamaan parabola serta persamaan luasan berderajat dua. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep-konsep geometri dilihat dari sudut pandang analitiknya. Untuk itu mahasiswa harus mengkaji geometri dengan sifat-sifatnya yang dilihat dari sudut pandang analitik. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4405, Pembaharuan dalam Pembelajaran Matematika, 3 sks.
Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah hakikat matematika dan pembelajaran matematika sekolah, teori belajar dan mengajar matematika, konsep pembaharuan, isu dan pembaharuan model pembelajaran matematika yang telah dikembangkan, alat peraga dan media pengajaran matematika, dan evaluasi belajar matematika. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat melaksanakan pembaharuan pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dan media yang sesuai serta mengevaluasinya. Untuk itu mahasiswa dituntut mengkaji teori-teori pembelajaran serta menerapkannya dalam pembelajaran matematika. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4419, Analisis Vektor, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang vektor dan operasi dasarnya, persamaan vektor suatu garis lurus dan aplikasinya, vektor dalam koordinat kartesius, fungsi vektor dan grafiknya, hasil kali skalar, hasil kali vektor, dan hasil kali tripel, turunan fungsi vektor, kinematika, gradien, divergen, rotasi dan operasi gabungannya, integral garis dan teorema Green di bidang, integral permukaan dan integral volume, koordinat kurvilinier, tabung dan bola, serta teoreme divergensi dari Gauss dan teorema stokes. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengkaji konsep-konsep vektor secara analisis. Untuk itu mahasiswa ditunut mengkaji konsep-konsep vektor secara analisis. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4420, Aljabar Linier, 4 sks.
Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini meliputi: matriks, sistem persamaan linier, ruang euclid R2, R3 dan ruang vektor umum beserta pemetaan linier pada ruang tersebut kemudian diperluas pada ruang euclid Rn. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep dasar dalam Aljabar Linier. Untuk itu mahasiswa harus melakukan latihan-latihan soal untuk memantapkan materi-materi tersebut. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4421, Persamaan Diferensi, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas pengertian Persamaan Diferensi (PD), PD linier tingkat satu dan penerapannya, PD homogen dan non homogen, PD linier ordo tinggi dan penerapannya, penyelesaian PD dengan penderetan, sistem PD dan sistem PD linier. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mempu menerapkan teori-teori persamaan diferensial dalam bidang matematika sendiri maupun dalam bidang lainnya. Oleh karena itu mahasiswa dituntut untuk berlatih menyelesaikan masalah-masalah dalam matematika maupun dalam bidang lainnya dengan menggunakan teori-teori persamaan diferensial. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEM A 4423, Pengantar Analisis Real, 3 sks.
Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini mencakup sifat aljabar bilangan real, sifat urutan bilangan real, limit barisan dan deret, kekonfergenan barisan, barisan cauchy, deret bilangan real, kekonvergenan bersyarat dan kekonvergenan mutlak, deret pangkat, kekonvergenan deret pangkat dan rumus penjumlahan parsial. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menganalisis sifat-sifat dalam bilangan real. Untuk mahasiswa dituntut melakukan kajian dengan ketelitian yang cukup tinggi. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4427, Pengantar Topologi, 2 sks.
Mata kuliah ini meliputi topologi umum dan topologi metrik. Topologi umum membahas ruang topologi dan titik-titik khusus yang dilandasi konsep himpunan dan relasi urutan serta fungsi, selain itu juga membahas basis topologi. Topologi metrik membahas tentang topologi pada bidang dan ruang yang didahului dengan konsep ruang metrik. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4428, Matematika Diskrit, 2 sks.
Mata kuliah matematika diskrit membahas tentang prinsip dasar matematika, kombinatorik, fungsi pembangkit biasa, fungsi pembangkit eksponensial, dan persamaan rekurensi. Prinsip dasar matematika merupakan konsep yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan menghitung banyak. Kombinatorik membuat aturan yang terkait dengan membilang banyaknya seluruh susunan. Fungsi pembangkit biasa membahas bentuk deret fungsi yang koefisiennya merupakan barisan tak terhingga bilangan real tertentu. Pembahasan fungsi pembangkit biasa membahas bentuk deret fungsi yang koefisiennya merupakan barisan tak terhingga bilangan real tertentu. Pembahasan fungsi pembangkit biasa diperluas menjadi pola fungsi pembangkit eksponensial. Selanjutnya dibahas dua persamaan rekurensi, homogen, dan tidak homogen. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengenal beberapa konsep dan objek matematika yang digunakan dalam ilmu komputer. Untuk itu mahasiswa harus mengerjakan latihan-latihan agar dapat mendefenisikan atau mendeskripsikan konsep dan objek matematika dengan benar. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4500, Tugas Akhir Program (TAP), 4 sks.
TAP dirancang untuk mengungkapkan kemampuan mahasiswa dalam mengekspresikan pikirannya dalam memecahkan permasalahan pembelajaran matematika. TAP juga menguji kemampuan merancang pembelajaran matematika yang efektif dengan menggunakan penguasaan mahasiswa terhadap seluruh konsep dan keterampilan yang terkandung dalam seluruh matakuliah yang ada pada program S1 PMAT. Untuk mempersiapkan mahasiswa menempuh TAP, disediakan layanan bimbingan mengikuti TAP dalam bentuk tutorial tatap muka. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4501, Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP), 4 sks.
Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memantapkan dan meningkatkan kemampuan mengajar dengan fokus pada perbaikan dan penanganan masalah pembelajaran. Kegiatan utama yang dilakukan mahasiswa adalah melakukan praktik atau latihan untuk meningkatkan ketrampilan mengajar dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Kemampuan mahasiswa dinilai berdasarkan praktik perbaikan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa dan laporan perbaikan pembelajarannya.

PEMA 4522, Kalkulus Lanjut, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang fungsi dari R ke R2, fungsi R ke R2, turunan dua peubah, teorema sisa Taylor, dan integral ganda. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengkaji konsep fungsi Rn ke R dan penerapannya, serta mengindentifikasi integral ganda dan penerapannya. Oleh karena itu mahasiswa harus melakukan banyak latihan agar menguasai konsep-konsep tersebut. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4524, Pengantar Analisis Kompleks, 3 sks.
Mata kuliah ini berisi tentang sifat aljabar bilangan real, sifat urutan bilangan real, limit barisan dan deret, kekonvergenan barisan, barisan cauchy, deret bilangan lain, kekonvergenan bersyarat dan kekonvergenan mutlak, deret pangkat, kekonvergenan deret pangkat, dan rumus penjumlahan partial. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan konsep bilangan dan fungsi kompleks serta penerapannya dalam menentukan turunan dan integral fungsi kompleks. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4525, Pengantar Teori Graph, 2 sks.
Materi yang dibahas meliputi graph sebagai model, representasi sebagai graph dan beberapa graph khusus, konsep keterhubungan, konsep pohon, planaritas dan pewarnaan. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan yang memadai tentang konsep dasar teori graph. Oleh karena itu mahasiswa harus banyak berlatih dengan membuat contoh-contoh dan bukan contoh agar menguasai konsep-konsep teori graph. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4526, Metode Numerik, 2 sks.
Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini mencakup tentang kekeliruan dalam perhitungan numerik dan selisih terhingga biasa, solusi persamaan aljabar dan transenden, interpolasi, matematika dan sistem persamaan linier, diferensiasi dan integrasi numerik, solusi numerik dari persamaan diferensial biasa. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengaproksimasi penyelesaian suatu masalah dengan berbagai metode. Oleh karena itu mahasiswa harus mengkaji metode-metode mengaproksimasi. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

PEMA 4529, Metode dan Model Matematika, 4 sks.
mata kuliah ini berisi tentang terapan matematika di bidang fisika, biologi, teknik, ekonomi dan masalah optimasi, yang mencakuppembentukan model dan penyelesaiannya dari masalah-masalah pada bidang tersebut. Setelah mempelajari modul ini mahasiswa dapat merumuskan masalah nyata kedalam bahasa matematika, merencanakan penyelesaiannya, menyelesaikannya, dan mengecek kembalil kebenaran penyelesaiannya masalah tersebut. Kemampuan mahasiswa akan diukur dengan tes.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: