Kelompok Mata Kuliah S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PDGK 4101, Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, SKS.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa sebagai guru SD dengan wawasan dan kemampuan menggunakan empat aspek keterampilan berbahasa. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa mengkaji konsep-konsep dasar menyimak, berbicara, membaca dan menulis, serta berdiskusi dan berlatih mempraktekkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis.

PDGK 4102, Konsep Dasar IPS, 4 sks.
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, politik dan pemerintahan, dan psikologi sosial, serta keterkaiotan antara bidang satu dengan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan model-model pembelajaran IPS sesuai dengan tututan kurikulum dan perkembangan peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam melaksanakan tugas sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS terpadu.

PDGK 4103, Konsep Dasar IPA di SD, 4 sks.
Mata kuliah ini menerapkan konsep dasar IPA dalam pembelajaran di SD. Pengetahuan yang diberikan untuk menunjang kemempuan tersebut melliputi makhluk hidup, pengukuran, kinematika dan dinamika; sifat termal zat; gelombang dan bunyi; kelistrikan dan kemagnetan; bumi dan alam semesta.

PDGK 4104, Perspektif Pendidikan SD, 4 sks.
Mata kuliah ini menjelaskan berbagai hal yang berhubungan dengan pendidikan di SD yang diawali dengan pembahasan tentang perkembangan manusia dan kebutuhannya yang kemudian di lanjutkan dengan pembahasan tentang sistem pendidikan nasional. Lebih khusus lagi, tentang sistem pendidikan di sekolah dasar. setelah itu, mahasiswa juga mendapatkan materi tentang perkembangan siswa di SD, hakikat profesi guru di SD, dan proses belajar siswa SD. Pada akhir pembelajaran, mahasiswa diberikan materi tentang berbagai bentuk layanan pendidikan serta pembahasan tentang berbagai isu pembelajaran di SD.

PDGK 4105, Strategi Pembelajaran di SD, 4 sks.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan wawasan dan kemampuan mengelola pembelajaran di SD. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mata kuliah ini membahas berbagai aspek mengenai strategi pembelajaran serta berlatih menerapkannya, yang meliputi hakikat strategi pembelajaran, karakteristik pembelajaran di SD, model mengajar, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar dan media pembelajaran, serta penerapan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, serta disiplin kelas dalam pembelajaran di SD.

PDGK 4106, Pendidikan IPS di SD, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas beberapa pokok bahasan, antara lain perkembangan kurikulum pendidikan IPS di SD, esensi kurikulum IPS SD 1994 untuk kelas 3 – 6, isu dan masalah sosial budaya dalam pembelajaran IPS, pendekatan yang di gunakan dalam pembelajaran IPS SD, metode dan media serta pemanfaatan sumber belajar IPS kelas 3 – 6, serta evaluasi pembelajaran di IPS SD.

PDGK 4107, Praktikum IPA di SD, 3 sks.
Mata kuliah ini berisi tentang panduan praktikum IPA di SD untuk topik-topik yang terdiri atas praktikum makhluk hidup, hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya, makanan, mekanika, kalor, gelombang, optik, listrik, magnet, serta bumi dan alam semesta. Mata kuliah ini menuntut mahasiswa untuk menerapkan konsep-konsep dasar IPA pada kegiatan praktikum. Selain mampu menerapkan konsep, mahasiswa juga dituntut untuk dapat merangkai alat praktikum, mengamati dan mencatat hasil percobaan, menyajikan, serta menyimpulkan hasil percobaan.

PDGK 4108, Matematika, 4 sks.
Mata kuliah ini membahas materi tentang konsep-konsep logika matematika; penalaran dan sistem matematika; persamaan dan pertidak samaan linier; persamaan dan pertidak samaan kuadrat; himpunan, relasi, dan fungsi; permutasi, kombinasi, dan peluang; aritmatika sosial; penyusunan, pengumpulan, dan penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram; ukuran pemusatan data, ukuran letak data, dan ukuran penyebaran data; pemecahan masalah dalam matematika; serta transformasi, kekongruenan, dan kesebangunan untuk menyelesaikan soal-soal matematika dalam kehidupan sehari-hari.

PDGK 4109, Bahasa dan Sastra Indonesia di SD, 3 sks.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa sebagai guru SD dengan wawasan dan kemampuan menerapkan kaidah-kaidah bahasa dan sastra Indonesia. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji konsep-konsep dasar bahasa dan sastra Indonesia, serta berdiskusi dan berlatih menerapkan kaidah bahasa dan sastra Indoensia dan mengapresiasi karya sastra Indonesia dalam berbagai bentuk. Untuk mendukung pencapaian kemampuan tersebut, disediakan bahan ajar dalam bentuk Buku Materi Pokok, audio, video, dan media pembelajaran berbasis komputer (CAI). Penguasaan kompetensi mahasiswa dinilai melalui tes tertulis, tugas, dan ujian praktik.

PDGK 4201, Pembelajaran PKn di SD, 4 sks.
Mata kuliah ini membahas dan mengkaji berbagai hal yang berkaitan hakikat, fungsi, dan tujuan, serta ruang lingkup; karakteristik PKn sebagai pendidikan nilai dan moral; menggambarkan keterkaitan PKn dan IPS SD/MI dan mata pelajaran lain; materi dan prinsip kepribadian nasional, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air; materi HAM; materi penegakan hukum di Indonesia; materi demokrasi dan pendidikan demokrasi; konsep, nilai, moral, dan norma dengan negara, sesama wearga negara dan bela negara; model pembelajaran PKn SD berbasis portofolio; karakteristik WNI dalam konteks pluralistik, serta prosedur dan alat evaluasi dalam PKn SD berbasis portofolio.

PDGK 4202, Pembelajaran IPA di Sd, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas penerapan teori balajar, metode dan pendekatan, keterampilan proses, mendesain dan memanfaatkan alat bantu, sain terintegrasi, evaluasi, dan telaah kurikulum untuk pembelajaran sain SD.

PDGK 4203, Pendidikan Matematika I, 3 sks.
Mata kuliah ini menjelaskan hakikat anak didik dalam pembelajaran matematika di SD; teori-teori belajar matematika dalam pembelajaran matematika di SD; hierarki pembelajaran matematika di SD; bilangan cacah, kesalahan konsep yang biasa ditemukan, serta pembelajaran di SD; bilangan bulat, kesalahan konsep yang biasa ditemukan, serta pembelajarannya di SD; bilangan Romawi, kesalahan konsep yang biasa ditemukan, serta pembelajarannya di SD; KPK dan FPB, kesalahan konsep yang biasa di temukan, serta pembelajarannya di SD; pecahan, pecahan desimal, persen dan perbandingban, kesalahan konsep yang biasa di temukan, serta pembelajarannya di SD.

PDGK 4205, Pembelajaran Terpadu di SD, 2 sks.
Mata kuliah ini menjelaskan cara pengelolaan pembelajaran di SD. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dituntun untuk mampu menjelaskan hakikat dan model pembelajaran terpadi serta cara memilih dan mengembangkan topik-topik dari berbagai bidang studi menjadi rancangan pembelajaran terpadu yang siap dilaksanakan di kelas. Selain itu, mahasiswa juga di beri kesempatan untuk berlatih melaksanakan pembelajaran terpadu dalam bentuk simulasi.

PDGK 4206, Pendidikan Matematika II, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas pembelajaran matematika di SD, yang meliputi bangunan datar, bangun ruang, simetri, pengukuran, matematika sosial, dan statistika.

PDGK 4207, Pendidikan Seni di SD, 4 sks.
Pembahasan mata kuliah ini terfokus pada konsep, dasar-dasar, dan pembelajaran seni dan keterampilan kerajinan di SD, sebagai dasar bagi guru kelas SD dalam melaksanakan pembelajaran dengan prinsip ‘pendidikan melalui seni’. Cakupan mata kuliah ini meliputi konsep pendidikan seni dan kerajinan tangan, dasar-dasar pengetahuan, keterampilan berkarya seni dan kerajinan tangan, apresiasi seni dan kerajinan tangan, pembelajaran seni dan kerajianan tangan, serta laksana pergelaran dan pameran hasil karya seni dan kerajinan tangan di SD.

PDGK 4208, Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3 sks.
Mata kuliah ini mengkaji keterampilan, sikap dan nilai bertalian dengan pengembangan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SD yang terdiri atas praktek proses pendidikan melalui aktivitas jasmani terpilih: atletik, senam, permaian kecil, permainan sepak bola dan bola voli, permainan tenis meja dan bulu tangkis, pencak silat dan renang, serta prinsip-prinsip evaluasinya dalam pembelajaran SD.

PDGK 4209, Pemantapan Kemampuan Mengajar, 4 sks.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan melakukan unjuk kerja pembelajaran lima bidang studi berdasarkan landasan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji kaitan kegiatan dalam sistem pembelajaran serta rambu-rambu perencanaan dan melaksanakan pembelajaran, berlatih membuat rencana pembelajaran, praktik melaksanakan pembelajaran, berlatih menilai sendiri rencana dan pelaksanaan pembelajaran, serta berlatih memanfaatkan hasil penilaian untuk memperbaiki rencana dan pelaksanaan pembelajaran.

PDGK 4301, Evaluasi Pembelajaran di SD, 2 sks.
Mata kuliah ini menjelaskan berbagai aspek evaluasi pembelajaran yang mencakup; konsep dasar tes dan non-tes, pengukuran, asesmen, dan penilaian; jenis dan fungsi penilaian dalam pembelajaran; pengembangan alat ukur tes dan non-tes; pengolahan dan interpretasi data hasil pengukuran; kualitas alat ukur; dan pemberian nilai serta tindak lanjut hasil penilaian.

PDGK 4302, Pembelajaran Kelas Rangkap, 2 sks.
Mata kuliah ini menjelaskan hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap; menjelaskan beberapa contoh penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap; menjelaskan beberapa keterampilan dasar mengajar serta strategi yang sesuai untuk Pembelajaran Kelas Rangkap; menyusun Rancangan Pembelajaran Kelas Rangkap; serta dapat mempraktekkan Pembelajaran Kelas Rangkap dalam situasi nyata.

PDGK 4303, Perspektif Global, 2 sks.
Mata kuliah ini memberikan pemahaman konsep dan prinsip mengenai kebudayaan, ruang dan waktu, kontivitas dan perubahan, interaksi sosial serta kelangkaan, produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa dalam konteks kebhinekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global. Mata kuliah ini juga mengkaji interaksi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, kehidupan beragama, serta perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global. Berlatih memanfaatkan peta, atlas, globe, data, dan informasi, dan media massa dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan sosial kultural secara kritis, kreatif dan produktif dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dibahas pula persiapan diri, bersifat adaptif, tetapi kritis dan kreatif terhadap lingkungan sekitar guna memelihara dan memanfaatkan sumber daya alam serta mengembangkan kehidupan yang damai dan harmonis dalam kebhinekaan. Berlatih berperan sebagai individu warga masyarakat yang kritis dan kreatif melalui berbgai simulasi dan pelibatan sosial dalam menangani masalah-masalah sosial dalam kehidupan.

PDGK 4304, Bahasa Inggris untuk Guru SD, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas present continous tense, countable and uncountable nouns, degree of comparation adjective, preposition of direction, simple past tense, present perfect tense, and future tense.

PDGK 4305, Keterampilan Menulis, 2 sks.
Mata kuliah ini membahas konsep menulis dan kaitannya dengan penalaran, kalimat efektif, serta perencanaan dan pengembangan berbagai ragam karangan.

PDGK 4306, Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan, 3 sks.
Mata kuliah ini menjelaskan berbagai bentuk pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dengan mempelajari materi tentang pemikiran tokoh pembelajaran berwawasan kemasyarakatan, ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan, sistem pendidikan nasional dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan, konsep dasar pembelajaran berwawasan kemasyarakatan, pembelajaran multikulturalisme, muatan lafe skills dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan, model-model pembelajaran sosial, etika dan moral sebagai acuan dalam pembelajaran. Selain itu, diberikan pula praktik keaksaraan, taman bacaan masyarakat, dan kepemudaan.

PDGK 4401, Materi dan Pembelajaran Pkn SD, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu mengerjakan PKn berlandaskan pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan.

PDGK 4402, Penulisan Karya Ilmiah, 2 sks.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dalam menyusun berbagai bentuk karya ilmiah, baik berupa analisis atau kajian konseptual maupun laporan penelitian serta mampu menyajikan dalam berbagai kegiatan.

PDGK 4403, Pendidikan Anak di Sd, 4 sks.
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat pendidikan di SD, perkembangan siswa SD dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, proses belajar siswa SD, konvensi hak-hak anak dan implikasinya pada pembelajaran di SD, serta bimbingan konseling di SD untuk mengembangkan potensi anak secara optimal.

PDGK 4404, Pengantar Pendidikan Luar Biasa, 3 sks.
Mata kuliah ini menggambarkan secara umum hakikat keluarbiasaan serta karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak luar biasa.

PDGK 4405, Materi dan Pembelajaran IPS SD, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas paradigma baru dalam pendidikan IPS serta menyajikan model-model pembelajaran dalam pendidikan IPS. Topik inti mata kuliah ini terdiri atas paradigma baru pendidikan IPS; perubahan dan konflik sosial; manusia dan lingkungan; individu, kelompok, dan kelembagaan; waktu, perubahan, dan kebudayaan; produksi, distribusi, konsumsi, dan ekonomi kerakyatan; kekuasaan, pemerintahan, dan desentralisasi pendidikan; pendakatan science, technology, dan society dalam pembelajaran IPS; serta model interaktif dan sumber pembelajaran dalam pendidikan IPS.

PDGK 4406, Pembelajaran Matematika SD, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas berbagai model pembelajaran matematika yang sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), menurut materi dan metode pembelajaran tentang bilangan; bangun ruang dan unsur-unsurnya; luas dan volume bangun ruang; aplikasi materi-materi tersebut dalam matematika atau kehidupan sehari-hari; sistem koordinat; geometri transformasi; bilangan berpangkat dan logaritma.

PDGK 4500, Tugas Akhir Program / TAP, 4 sks.
Tugas Akhir Program bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir komprehensif dan tingkat tinggi atas teori dan praktik yang telah diikuti oleh mahasiswa selama menempuh program S1 PGSD. TAP direncanakan berbasiskan pemecahan masalah pembelajaran di kelas dengan penelitian tindakan kelas sebagai alat pemecahan permasalahan yang utama.

PDGK 4501, Pemantapan Kemampuan Profesional, 4 sks.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan melakukan unjuk kerja pemecahan masalah pembelajaran lima bidang studi dengan menerapkan kaidah-kaidah PTK dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa akan mengkaji konsep pembelajaran sebagai sistem, rambu-rambu perencanaan dan pelaksanan pembelajaran serta PTK, berlatih menemukan dan menganalisis masalah serta merancang tindakan perbaikan pembelajaran, praktik perbaikan pembelajaran, menilai sendiri atau menggali masukan dari pihak lain tentang rencana dan pelaksanaan perbaikan pembelajaran untuk siklus perbaikan pembelajaran berikutnya, serta membuat laporan perbaikan pembelajaran. Penguasaan kemampuan tersebut diukur melalui ujian praktik mengajar dan pembuatan laporan perbaikan pembelajaran.

PDGK 4502, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD, 4 sks.
Mata kuliah ini membahas kerangka teoritik pengembangan kurikulum dan penerapannya dalam merancang pembelajaran. Topik-topik yang dibahas meliputi hakikat kurikulum, pengembangan kurikulum, profil kurikulum SD, proses dan produk pengembangan kurikulum, serta pengembangan rencana pembelajaran.

PDGK 4503, Materi dan Pembelajaran IPA SD, 3 sks.
Mata kuliah ini terdiri atas 9 modul yang meliputi materi IPA, pembelajaran IPA, dan kecendrungan pembelajaran IPA. Materi IPA meliputi kependudukan dan pencemaran lingkungan, fluida, adaptasi dan evolusi, penurunan sifat, pengenalan senyawa organik dan biokimia, bioteknologi sebagai teknologi alternatif untuk masa depan, serta dasar-dasar elektronika. Pembelajaran IPA meliputi pendekatan konstruktivisme, prakonsepsi (children science), pembelajaran interaktif, siklus belajar, pembelajaran terpadu, dan children learning in science. Pembelajaran IPA juga memperkenalkan pendekatan Science, Technology, and Society (STS) dan Science Environment Technology and Society (SETS) dalam IPA.

PDGK 4504, Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, 3 sks.
Mata kuliah ini membahas dasar-dasar linguistik Indonesia, karya sastra Indonesia, penyusunan kamus sederhana, serta prinsip dan model pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

PDGK 4505, Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD, 3 sks.
Mata kuliah ini merupakan pengayaan bagi guru agar mampu menjalankan tugasnya sebagai guru dengan baik. Penekanan mata kuliah ini adalah pada contoh-contoh aplikasi yang ditunjang teori yang relevan dengan topik seperti pengertian inovasi pendidikan serta ruang lingkupnya. Selanjutnya, strategi pengembangan program pembelajaran inovatif dan penerapannya di sekolah (kelas), strategi penerapan program inovatif di kelas, serta hambatan dalam pelaksanaan dan cara mengatasi hambatan tersebut.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: