Kelompok Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Inggris

PBIS 4101, Listening I, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan menyimak tingkat elementary yang meliputi pemahaman literasi, inferensial, dan evaluatif terhadap dialog singkat dalam bahasa Inggris dan pemahaman main idea dan detail tentang wacana sederhana. Untuk itu mahasiswa diberi latihan menyimak melalui audio kaset dan dievaluasi melalui tes dengan menggunakan audio kaset. Mata kuliah ini merupakan Prerequisite Listening II.

PBIS 4102, Cross Culture Understanding, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa memiliki pemahaman konsep lintas budaya. Untuk itu mahasiswa dilatih menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan sociocultural yang tercermin dalam bahasa tersebut. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4107, Reading I, 4 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah Reading I, mahasiswa diharapkan dapat mengenali, memahami, dan menggunakan word structure, word function, sentence structure, denotative meaning, making inference, serta applying, untuk meningkatkan kemampuan membaca tingkat dasar. untuk itu mahasiswa diberi latihan membaca cuplikan-cuplikan wacana level elementary. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis. Mata kuliah ini merupakan pre reqruisite mata kuliah Writing II.

PBIS 4114, Structure I, 4 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan menggunakan struktur bahasa Inggris yang sederhana baik secara reseptif maupun prodTAPif melalaui pembahasan dan latihan dalam berbagai tenses dengan menggunakan part of speech dan phrase dengan tepat. Mahasiswa di evaluasi melalui tes tertulis. Mata kuliah ini merupakan pre-requisite Structure II.

PBIS 4115, Structure II, 4 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan menggunakan struktur kalimat sederhana dan pasif, melalui pola kalimat tanya singkat dan kalimat yang negatif. Struktur kalimat kompleks meliputi pola kalimat yang menggunakan noun dan adverbal clauses. Untuk itu mahasiswa diberi pilihan menggunakan struktur kalimat-kalimat tersebut dalam berbagai tenses. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis. Mata kuliah ini merupakan pre-requisite Structure III.

PBIS 4118, Vocabulary, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan menggunakan kosa kata Bahasa Inggris. Mahasiswa diberi latihan menggunakan kosa kata dalam berbagai konteks. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4121, Second Language Acquisition, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki wawasan yang luas tentang berbagai teori bagaimana seseorang belajar dan menguasai bahasa kedua. Untuk itu mahasiswa diberi kesempatan mengkaji tentang pemerolehan bahasa kedua. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4131, Sociolinguistics, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami tentang dialek dalam bahasa Inggris dan pengaruhnya terhadap bahasa Inggris itu sendiri. Untuk itu mahasiswa diberi kesempatan untuk mengkaji tentang dialek bahasa Inggris sebagai salah satu ragam bahasa. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4202, Introduction to Linguistics, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang batasan dan ciri-ciri bahasa manusia, ciri keilmuan, konsep dasar linguistik batasan dan cakupan linguistik, aliran linguistik (transformasional dan fungsional), fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, dalam pengajaran bahasa. Untuk itu mahasiswa diberi kesempatan mengkaji topik-topik tersebut. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4203, Semantics, 2 sks.
Setelah mempelajari matakuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang: a) pengantar dan cakupan semantik (pentingnya semantik, hubungan dengan linguistic, dan perannya dalam pemahaman bahasa, b) semantic leksikal yang memusatkan kajian pada makna kata dan hubungan makna, c) semantik dan tata bahasa yang membahas makna kalimat, peran tindak tutur (speech act), peranggapan (presupposition), serta implokatur percakapan (implocature). Untuk itu mahasiswa diberi kesempatan untuk mengkaji tentang teori semantik. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4204, Speaking I, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki keterampilan berbicara tingkat elementary yang meliputi latihan greeting, parting, asking the time, asking and giving direction, shopping. Untuk itu mahasiswa diberi latihan berbicara melalui video dan audio kaset dan dievaluasi melalui tes lisan. Mata kuliah ini merupakan pre-requisite mata kuliah Speaking II.

PBIS 4208, Reading II, 4 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuan memahami wacana berbahasa Inggris yang berbentuk paragraf hingga wacana yang berbentuk essay pada tingkat menengah. Untuk itu mahasiswa diberikan latihan membaca cuplikan-cuplikan wacana level pre-intermediate. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis. Mata kuliah ini merupakan pre-requisite mata kuliah Reading III.

PBIS 4216, Structure III, 4 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menggunakan berbagai struktur kalimat yang mencakup compound complex sentences, conditional, two word verb, ellipsi, fungsi dan jenis kata. Pokok bahasan mata kuliah ini terdiri dari: a. Special uses of the ing form, b. Adjective clauses, c. Reduction of Adjective Clauses, d. Adverb clauses, e. Conditional sentences, f. Gerunds and Infinitives, g. Preposition combination. Untuk itu mahasiswa diberi kegiatan pembahasan dan latihan. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4220, Listening II, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan menyimak pada level pre-intermediate meliputi pemahaman wacana, deskripsi, narasi, dan eksposisi baik dalam bentuk monolog maupun dialog melalui kegiatan seperti mencocokkan wacana lisan dengan catatan/gambar, diagram, imla, melengkapi catatan/diagram/gambar, mengindentifikasi kata atau frasa, mengisi tabel, mengikuti perintah, memilih pertanyaan/jawaban yang benar, atau menceritakan kembali suatu wacana dalam bahasa Inggris. Untuk itu mahasiswa diberi latihan menyimak melalui audio kaset dan dievaluasi melalui tes dengan menggunakan audio kaset. Mata kuliah ini merupakan pre-requisite Listening III.

PBIS 4222, Listening III, 3 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menyimak tingkat lanjut yang diucapkakn secara tepat dan wajar sesuai penutur asli (authentic and natural) yang meliputi berbagai jenis wacana(narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi). Untuk itu mahasiswa diberi latihan menyimak melalui audio kaset dan dievaluasi melalui tes dengan menggunakan audio kaset.

PBIS 4223, Introduction to English Literature, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa memiliki wawasan atau pengetahuan tentang: a) sastra Inggris dan Amerika secara umum, b) berbagai aliran sastra mulai sejak Inggris kuno sampai Inggris modern, c) pujangga-pujangga sastra Inggris serta karya-karyanya (drama, prosa, dan puisi). Untuk itu mahasiswa diberi kesempatan untuk mengkaji tentang hasil karya sastra terutama sastra Amerika abad 19 dan 20. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4301, Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris, 4 sks.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami strategi pembelajaran secara umum dan trategi pembelajaran bidang bahasa Inggris serta mampu mengembangkan strategi pembelajaran bidang bahasa Inggris yang sesuai dengan kondisi siswa di kelas, dan untuk mencapai kompetensi komunikasi siswa. Penguasaan kompetensi mahasiswa akan dinilai dengan tes.

PBIS 4302, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris, 3 sks.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang prinsip-prinsip penilaiandan pengukuran hasil belajar. Untuk itu mahasiswa dilatih melakukan penelitiand an pengukuran hasil belajar dengan menerapkan metode statistika sederhana. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4303, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Inggris, 3 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami kurikulum Bahasa Inggris (untuk SMU, SLTP, SD), strategi pelaksanaannya, dan pengembangan perencanaan pembelajaran Bahasa Inggris berdasarkan kurikulum tersebut. Untuk itu mahasiswa diebri kesempatan untuk mengkaji kurikulum bahasa Inggris dan pengembangannya dan cara mengimplementasikan kurikulum bahasa Inggris di sekolah. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4304, Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM), 4 sks
Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kamampuan mengajar bahasa Inggris di sekolah secara profesional. Untuk itu mahasiswa praktik menyusun rencana pembelajaran, dan melaksanakannya di kelas dengan menerapkan segala kemampuan yang diperoleh dari berbagai mata kuliah dibawah bimbingan supervisor PKM/pengawas. Mahasiswa dievaluasi melalui latihan dan praktik pembelajaran di kelas.

PBIS 4306, Speaking III, 4 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris pada tingkat lanjut dalam bergai bentuk forum komunikasi yang mencakup pidato, diskusi kelompok, diskusi panel, debat, seminar, dan simposium dengan menggunakan fungsi-fungsi bahasa yang tepat. Untuk itu mahasiswa diberi latihan berbicara melalui video dan audio kaset melalui tes lisan.

PBIS 4309, Reading III, 3 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuan memahami wacana bahasa Inggris tingkat lanjut yang meliputi wacana jenis narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi, baik fiksi maupun non-fiksi. Untuk itu mahasiswa diberi latihan membaca cuplikan-cuplikan wacana level intermediate. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis. Mata kuliah ini merupakan pre-requisite mata kuliah Reading IV.

PBIS 4310, Reading IV, 4 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki kegemaran membaca teks otentik untuk mengembangkan probadi dan untuk mendapatkan kesenangan (meliputi short story, detective and mystery, romance, historical story, biography, drama, dll). Untuk itu mahasiswa diberi latihan membaca cuplikan-cuplikan wacana level advance yang relevan dengan topik diatas. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4312, Writing II, 3 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki keterampilan menulis teks dalam bentuk narasi, deskripsi, ekspository dan argumentasi. Mahasiswa diberi latihan-latihan yang lebih berkembang dari mata kuliah sebelumnya, yaitu memberikan kemampuan menulis komposisi dalam bentuk ekspositori, dan argumentasi. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis dalam bentuk assai.

PBIS 4313, Writing III, 4 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan menulis argumentative essai: a) paragraph (batasan dan macam paragraph yaitu: elements of paragraph, narative, descriptive, dan expository paragraph); b) essay (batasan dan macam essay yaitu: element of essay, example, comparason-and-constrast, classification, process-analysis, cuse-and-effect-analysis, dan argumentation essay). Untuk itu mahasiswa melakukan kegiatan: 1. Membaca keterangan tentang konsep bahasan; 2. Membaca model-model paragraph dan essay; 3. Mengerjakan latihan menulis terstrTAPur; 4. Mengerjakan penulisan karangan bebas; dan 5. Mengevaluasi karangan sendiri dengan menggunakan rambu-rambu yang diberikan sebagai “kunci”.
Mahasiswa dievaluasi tes tertulis bentuk essay.

PBIS 4317, Discourse Analysis, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami: a) pengertian Discourse, b) jenis atau bentuk discourse analysis, c) komponen discourse analysis (konsep discourse analysis, hubungan discourse analysis dengan fungsi bahasa dan konteks sosial, dan penerapan prinsip-prinsip discourse analysis baik lisan, tertulis, transaksional, maupun interaksional. Untuk itu mahasiswa diberi kesempatan untuk mengkaji dan berlatih melakukan discourse analysis. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4319, Translation, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan menterjemahkan wacana bahasa Inggris ke dalam wacana bahasa Indonesia. Mahasiswa diberi kesempatan mengkaji tentang teknik menterjemahkan dan berlatih menterjemahkan. Latihan tersebut meliputi penerjemahan macana yang mengandung: (a) unsur struktur, kalimat sederhana, pasif, kalimat yang menggunakan frasa verba, frasa prsent particple, dan frasa invinitive; (b) compound dan complex sentence; (c) adjective dan noun clauses, serta idioms. Mahaiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4325, Appreciatioan of Literary Works, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan mengapresiasi hasil karya sastra Inggris baik prosa maupun puisi. Untuk itu mahasiswa dilatih mengapresiasi hasil karya sastra. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4326, Introduction to Morphology and Sintax, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami morphology untuk mengembangkan penguasaan kosa kata dan sintaksis untuk memahami strTAPur kalimat dalam bahasa Inggris. Untuk itu mahasiswa diberi latihan menganalisis kata dan kalimat dalam bahasa Inggris. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4332, Psycholinguistics, 2 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami tentang psikolinguistics dan manfaatnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Untuk itu mahasiswa diberi kesempatan untuk mengkaji tentang hakikat, ruang lingkup, signifikan psikolinguistik, dan perolehan bahasa. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4401, Research in ELT, 3 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan membuat laporan hasil penelitian pembelajaran bahasa Inggris. Untuk itu mahasiswa diberi penelitian pembelajaran bahasa Inggris. Untuk itu mahasiswa diberi kesempatan untuk mengkaji tentang teknik-teknik melakukan penelitian pembelajaran bahasa Inggris. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4402, TEFL I, 3 sks.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dasar tentang metodologi pembelajaran bahasa Inggris di lembaga pendidikan formal (SD, SLTP, SMU) maupun di lembaga pendidikan nonformal (kursus). Untuk itu mahasiswa diberi kesempatan untuk mengkaji tentang metodologi pembelajaran bahasa Inggris. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4403, TEFL II, 3 sks.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang kurikulum bahasa Inggris dan teknik penerapannya, penerapan strategi proses pembelajaran. Strategi proses pembelajaran meliputi analisis desain instruksional, pengenalan karakter siswa dan guru, interaksi kelas, analisis buku teks dan GBPP, serta latihan penyusunan rencana pembelajaran bahasa Inggris. Untuk itu mahasiswa diberi kesempatan untuk mengkaji kurikulum bahasa Inggris, berlatih mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum tersebut, mengkaji dan berlatih merencanakan proses pembelajaran bahasa Inggris. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4405, Pembaruan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, 3 sks.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman berbagai hasil inovasi dalam pembelajaran bahasa Inggris. Untuk mencapai kompetensi tersebut mahasiswa mengkaji hasil-hasil inovasi pembelajaran bahasa Inggris, berlatih menerapkan hasil inovasi pembelajaran bahasa Inggris di bidang kurikulum, metode, dan media pembelajaran serta penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penguasaan kompetensi akan diuji dengan pemberian tugas-tugas dan tes tertulis.

PBIS 4428, English for Science and Technology, 3 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami keterampilan bebahasa yang diperlukan dalam bidang “Science and Technology” dan “Computer”. Untuk itu mahasiswa diberi latihan membaca tentang topik-topik, antara lain: basic operation, shapes, dimension, posisition and movement, measurement, prosesses, propertie and clasification, description, explanation, definition, equipment, technology, serta computer. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4429, English for Children, 3 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan mempunyai wawasan tentang perkembangan anak dikaitkan dengan perolehan dan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Untuk itu mahasiswa dilatih memahami aspek pembelajaran dan pengembangan bahan ajar bahasa Inggris yang sesuai kebutuhan peserta didik. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4430, English for Hotel and Tourism, 3 sks.
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan berbahasa yang diperlukan dalam perhotelan dan kepariwisataan. Untuk itu mahasiswa diberi latihan mengembangkan keterampilan membaca yang diperlukan untuk menyarikan informasi dari teks mengenai hotelier dan kepariwisataan. Mahasiswa dievaluasi melalui tes tertulis.

PBIS 4500, Tugas Akhir Program (TAP), 4 sks.
Setelah lulus mengikuti mata kuliah ini, kemampuan dan pemahaman mahasiswa dalam substansi dan pembelajaran bahasa Inggris secara menyeluruh dapat terukur. Untuk itu mahasiswa harus mengikuti TAP.

PBIS 4501, Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP), 4 sks.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan menerapkan berbagai teori yang telah dipelajari dengan meningkatkan kemampuan mengajar dan/atau berpartisipasi dalam pengelolaan pendidikan. Untuk itu mahasiswa dilatih merencanakan dan melaksanakan program pembelajaran bahasa Inggris. Mahasiswa dievaluasi melalui tes perbuatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: