Kelompok Mata Kuliah Pendidikan Biologi

PEBI 4101, Biologi Umum, 3 sks.
Dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan dan mengkaji konsep-konsep dasar dalam biologi. Untuk itu mahasiswa ditunjuk untuk mempelajari materi-materi: biologi dan metode ilmiah, sel sebagai dasar kehidupan, keanekaragaman makhluk hidup, anatomi, metabolisme dan sistem koordinasi, reproduksi, mendel dan ilmu keturunan, struktur dan fungsi ekosistem, interaksi antarorganisme dan evolusi. Kemampuan mahasiswa akan dievaluasi melalui tes tertulis.

PEBI 4107, Morfologi Tumbuhan, 2 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan mengindentifikasi morfologi dan anatomi tumbuhan. Karenanya mata kuliah ini mengkaji tentang morfologi dan prinsip dasar perkembangan akar, batang, daun, bunga, biji; perbandingan alat reproduksi Paku, Gymnospermae, Angiospermae; organisai dari susunan tumbuhan dan membahas konsep-konsep anatomi tumbuhan yang meliputi struktur dan fungsi sel, jaringan organ dan hubungan satu dengan lainnya dalam membangun tumbuh-tumbuhan. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4204, Evolusi & Sistem Makhluk Hidup, 3 sks.
Topik yang dipelajari dalam mata kuliah ini mencakup pandangan evolusi sebelum Darwin, bukti-bukti adanya evolusi, mekanisme evolusi, evolusi prokaryot, evolusi tumbuhan, evolusi hewan, dasar sistematika dan klarifikasi makhluk hidup, serta sistematika domain prokaryot dan eukaryot. Diakhir pembelajaran mata kuliah ini akan diuji dalam bentuk ujian tertulis.

PEBI 4205, Ekologi, 2 sks.
melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan mengkaji konsep-konsep ekologi. Karenanya mahasiswa dituntut untuk mengkaji; ekosistem dan faktor abiotik, ekosistem dan faktor biotik, hubungan timbal balik antara faktor abiotik dan biotik, ekosistem perairan daerah tropis, ekosistem terestrial daerah tropis, dan pelestariansumber daya alam. Kemampuan mahasiswa akan dievaluasi dengan tes tertulis.

PEBI 4208, Struktur Hewan, 2 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan menunjukkan struktur hewan. Karenya, mahasiswa dituntut untuk mengkaji dan mengobservasi ciri-ciri vertebrata, pola perkembangan tubuh vertebrata, struktur anatomi mikroskopis dari berbagai macam jaringan dasar tubuh vertebrata, serta struktur morfologi, anatomi dan fungsi. Menjelaskan sistem integumen, sistem skelet, sistem muskulus, sistem digesti, sistem sekresi, sistem reproduksi, organ-organ indera, sistem saraf dan organ endokrin. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4223, Pendidikan Lingkungan Hidup, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan kependudukan dan lingkungan hidup serta menerapkannya dalam pembelajarannya. Karenanya mata kuliah ini menuntut mahasiswa untuk mengkaji pengetahuan tentang lingkungan hidup menghayati etika lingkungan sehingga dapat mengambil keputusan tentang lingkungan hidup berdasarkan asas-asas lingkungan serta etika lingkungan hidup dan menerapkannya dalam pembelajaran. Kemampuan mahasiswa diev aluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4301, Strategi Pembelajaran Biologi, 4 sks.
Mata kuliah ini mengkaji tentang hal-hal yang melandasi pelaksanaan strategi pembelajaran biologi. Untuk mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari materi pada BMP strategi pembelajaran yang membahas strategi pembelajaran secara umum. Pengetahuan yang diberikan dalam mata kuliah ini meliputi keterampilan dasar mengajar, pendekatan dan metode pembelajaran biologi, media pembelajaran biologi, model-model dalam pembelajaran biologi, serta kegiatan laboratorium dalam pembelajaran biologi. Pencapaian belajar mahasiswa diukur dengan tes tertulis.

PEBI 4302, Evaluasi Pembelajaran Biologi, 3 sks.
Mata kuliah ini akan membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran, pengembangan tes dan non tes, indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas alat penilaian, mengolah hasil pengukuran, serta aplikasinya dalam pembelajaran b iologi.

PEBI 4303, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Biologi, 3 sks.
BMP PEBI 4303 adalah mata kuliah yang akan mengarahkan mahasiswa agar dapat mengembangkan kurikulum untuk digunakan di kelasnya dan untuk mata pelajaran biologi. Selain itu dapat mengkaji hal-hal yang melandasi pengembangan kurikulum dan pembelajaran biologi. Oleh sebab itu materi, materi mata kuliah ini meliputi pokok bahasan berikut: hakikat kurikulum dan pembelajaran, landasan prinsip dan pendekatan dalam pengembangan kurikulum, kerangka dasar kurikulum 2004, tantangan kurikulum dan pembelajaran di abad 21, model pengembangan rencana pembelajaran dan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler, perencanaan pembelajaran karakteristik bidang studi biologi, prosedur merancang pembelajaran biologi di SMP dan SMA.

PEBI 4304, Pemantapan Kemampuan Mengajari (PKM), 4 sks.
Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal hakikat PKM dan perannya dalam pembentukan kemampuan profesional guru. Fokus utama PKM adalah praktik menyusun rencana pembelajaran dan melaksanakannya di kelas dengan menerapkan segala kemampuan yang diperoleh dari berbagai mata kuliah, dibawah bimbingan supervisor PKM/pengawas. Kemampuan mahasiswa dievaluasi melalui praktik mengajar.

PEBI 4309, Perkembangan Tumbuhan, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan dan menunjukkan perkembangan pada tumbuhan. Karenanya mahasiswa dituntut untuk mengkaji dan mengobservasi perkembangan bagian-bagian tumbuhan seperti tumbuhan akar, bunga, batang, daun dan biji. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4310, Perkembangan Hewan, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan organ-organ hewan. Karenya mahasiswa dituntut untuk mengkaji sejarah dan teori serta konsep dasar perkembangan hewan, reproduksi dan siklus reproduksi gametogenesis dan evolusi, fertilisasi, embriogenesis, awal dan lapisan lembaga organogenesis selaput embrio dan plasenta, mekanisme perkembangan, metamorfosis, regenerasi, dan aplikasi pengetahuan mengenai perkembangan hewan. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4311, Genetika, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan genetika dan teori evolusi. Karenanya mahasiswa dituntut untuk dapat mengkaji topik-topik: biologi gen yang meliputi teori mendel tentang sifat gen dan pewarisannya; hubungan teori mendel dengan genetika kromosom, hitung peluang dan analisis statistika dalam genetika, peta gen pada kromosom, struktur kimia gen dan proses replikasi gen, ekspresi gen dan regulasinya, perubahan struktur gen (rekombinasi dan mutasi), genetika populasi pemuliaan dan rekayasa genetika. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4312, Praktikum Biologi 1, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan terampil menggunakan alat dan melakukan percobaan serta mampu membuat laporan percobaan yang berkaitan dengan mata kuliah Genetika, Evolusi, Morfologi dan Anatomi Tumbuhan, Struktur Hewan, Biologi Sel, Perkembangan Tumbuhan, Perkembangan Hewan, Fisiologi Tumbuhan, dan Fisiologi Hewan. Karena mata kuliah ini membahas tentang kumpulan praktikum dari Genetika, Evolusi, Morfologi dan Anatomi Tumbuhan, Struktur Hewan, Perkembangan Tumbuhan, Perkembangan Hewan, Fisiologi Tumbuhan, dan Fisiologi Hewan. Kemampuan mahasiswa akan dievaluasi melalui keterampilan melakukan percobaan (penilaian proses praktikum) serta penilaian laporan praktikum.

PEBI 4313, Fisiologi Tumbuhan, 2 sks.
setelah mempelajari mata kuliah Fisiologi Tumbuhan, mahasiswa dapat menjelaskan dan membedakan fungsi air pada tingkat seluler dan tingkat tumbuhan secara utuh, mekanisme kerja enzim, dan proses transport asmilat dalam tumbuhan, fungsi hara dan asmilasinya dalam tumbuhan, serta mekanisme fisiologi pada tumbuhan dalam menghadapi stress.

PEBI 4314, Fisiologi Hewan, 2 sks.
Mata kuliah ini membahas secara tuntas proses-proses fisiologi yang terjadi pada hewan, muali dari respirasi, peredaran darah, percernaan metabolisme, regulasi dan osmoregulasi, gerak dan mekanisme kerja organ indera. Mata kuliah ini akan dilengkapi dengan program audio visual atau CAI, sehingga memudahkan mahasiswa dalam memahami kegiatan belajar yang dirasa cukup sukar. Evaluasi belajar dilakukan melalui UAS. Untuk lebih menjamin penguasaan mahasiswa terhadap materi ini, dapat pula dilakukan tutorial elektrinik, atau tatap muka.

PEBI 4317, Biokimia, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai proses-proses biokimiawi di dalam tubuh makhluk hidup. Karenya dalam mata kuliah ini, mahasiswa dituntut untuk mengkaji tentang asam amino dan protein, enzim, karbohidrat dan metabolismenya, lipid dan metabolisme lipid fotosintesis, bioenergitika, dan asam nukleat. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4405, Pembaharuan dalam Pembelajaran Biologi, 3 sks.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa sekaligus guru biologi tentang wawasan, sikap dan keterampilan dalam menerapkan berbagai pembaharuan pembelajaran dalam bidang biologi di sekolah menengah. BMP ini mempelajari tentang hakikat pembaharuan pembelajaran, pembelajaran kreatif dan produktif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis budaya, pembelajaran berwawasan demokrasi dan HAM, implementasi pembelajaran terpadu dan kelas rangkap, pembelajaran berbasis kompetensi dan konstekstual, pembelajaran dengan menggunakan CAI, pembelajaran biologi dengan memanfaatkan TI. BMP ini juga dilengkapi dengan video. Evaluasi kompetensi diperoleh melalui tes tertulis.

PEBI 4415, Anatomi dan Fisiologi Manusia, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan anatomi dan fisiologi manusia. Karenanya dalam mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk mengkaji perbandingan antara struktur tubuh manusia dengan hewan-hewan yang termasuk vertebrata, peristilahan dalam anatomi, sel sebagai bagian tubuh terkecil, jaringan yang ada di dalam tubuh manusia, alat gerak tubuh, sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem peredaran darah dan kekebalan tubuh, sistem ekskresi, sistem koordinasi, indera, serta sistem reproduksi dan perkembangan manusia. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4416, Mikrobiologi, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai mikrobiologi. Karenanya dalam mata kuliah ini, mahasiswa dituntut untuk mengkajidefenisi dan pengertian mikrobiologi, sejarah mikrobiologi dan cabang mikrobiologi, kedudukan mikriba dalam dunia kehidupan, anatomi dan morfologi mikroba, distribusi dan habitat mikroba baik di udara, air, tanah, tumbuhan, hewan dan manusia. Mata kuliah mikrobiologi juga membahas tipe kehidupan mikroba, kehidupan bersama dari mikroba, faktor lingkungan, medium dan nutrien, metabolisme, kurva petumbuhan mikroba, serta beberapa penyakit yang disebabkan oleh mikroba serta industri yang dihasilkan oleh aktivitas mikroba, seperti minuman, pengan dan obat-obatan. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4418, Biologi Sel, 2 sks.
Melalui mata kuliah mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan biologi sel. Kerenanya dalam mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk mengkaji tentang keanekaragaman dari kimia seluler, struktur dan fungsi membran plasma, sistem membran dan sistem protein, mitokondria dan proses respirasi sel, kloroplas dan fotosintesis, nukleus dan genetika molekuler. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4419, Praktikum Biologi 2 (Pi), 3 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan terampil menggunakan alat dan melakukan percobaan serta mampu membuat laporan percobaan yang berkaitan dengan mata kuliah Mikrobiologi, Anatomi dan Fisiologi Manusia, Biokimia, Biologi Sel dan Bioteknologi. Karenanya mata kuliah ini membahas tentang kumpulan praktikum dari Mikrobiologi, Anatomi dan Fisiologi Manusia, Biokimia, Biologi Sel dan Bioteknologi. Kemampuan mahasiswa akan dievaluasi melalui keterampilan melakukan percobaan (penilaian proses praktikum) dan penilaian laporan praktikum.

PEBI 4424, Ilmu Kesehatan dan Gizi, 2 sks.
Mata kuliah ini secara tuntas membahas tentang masalah gizi, mulai dari pengertian gizi, kebutuhan dan kecukupan gizi, pengetahuan bahan makanan, menyusun menu gizi seimbang, penilaian status gizi, masalah gizi dan kesehatan sampai dengan pendidikan gizi. Mata kuliah ini dilengkapi dengan web suplemen sehingga memudahkan mahasiswa dalam memahami kegiatan belajar yang dirasa cukup sukar. Evaluasi dilakukan melalui UAS. Untuk lebih menjamin penguasaan mahasiswa terhadap materi ini dapat pula dilakukan dengan tutorial elektronik.

PEBI 4426, Bioteknologi, 2 sks.
melalui mata kuliah ini mahasiswa ini diharapkan untuk dapat menguasai temuan-temuan/teknologi yang digunakan dalam biologi. Karenanya dalam mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk dapat menjelaskan tentang defenisi bioteknologi, macam-macam teknologi yang mendasari bioteknologi, DNA sebagai bahan genetik, fungsi DNA, fusi sel dan kloning makhluk hidup, bioteknologi pertanian, kesehatan dan ilmu forensik, keanekaragaman hayati dan bioteknologi serta teknologi DNA rekombinan yang mencakup aliran informasi genetik dan ekspresi gen. kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4427, Parasitologi, 2 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan untuk dapat menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan parasitisme. Karenanya dalam mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk dapat menjelaskan pengertian tentang parasit dan parasitisme melalui pembahasan tentang hewan parasit yang meliputi protozoa, helminthes dan arthropoda parasit pada hewan, manusia dan zoonosis, serta penanggunalangan dan pengendalian penyakit yang ditimbulkannya. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4500, Tugas Akhir Program (TAP), 4 sks.
Ujian (mata kuliah) ini merupakan mata kuliah exit requirement bagi mahasiswa pendidikan Biologi. Karenanya mata kuliah/ujian ini menguji kemampuan mahasiswa secara menyeluruh dalam bidang studi biologi dan pembelajarannya, maka mata kuliah ini mengukur kemampuan mahasiswa dalam hal substansi, trend dan pembelajaran ilmu biologi. Evaluasi dilakukan secara tertulis dalam bentuk essay. Nilai akhir ditentukan oleh nilai ujian dan nilai tutorial elektronik (bila aktif berpartisipasi).

PEBI 4501, Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP), 4 sks.
Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memantapkan meningkatkan kemampuan mengajar dengan fokus pada perbaikan dan penanganan masalah pembelajaran. Kegiatan utama yang dilakukan mahasiswa adalah melakukan kegiatan praktik atau latihan untuk meningkatkan keterampilan mengajar dengan melakukan PTK. Kemampuan mahasiswa dievaluasi melalui praktik perbaikan mengajar dan laporan. Nilai akhir ditentukan oleh nilai praktik perbaikan mengajar dan laporan.

PEBI 4520, Biometri, 2 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan konsep biometrik dalam kehidupan. Karenanya dalam mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk mengkaji konsep dasar biometri, penerapan statistika deskriptif dalam penelitian biologi, prinsip pengujian secara parametik dan non-parametik, pembandingan dua buah rata-rata secara parametik dan non parametik uji, varians secara parametrik dan non parametrik, uji regresi uji korelasi dan uji c2 (Chi kuadrat). Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4521, Biologi Kelautan, 2 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai tentang Biologi kelautan. Karenanya dalam mata kuliah mahasiswa dituntut untuk dapat mengkaji pengelolaan wilayah pesisir, karakteristik, struktur dan dinamika ekosistem pesisir dan lautan, potensi dan permasalahan wilayah pesisir dan lautan, pengelolaan ekosistem wilayah pesisir dan lautan. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4522, Konservasi SDA dan Lingkungan, 2 sks.
melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pencemaran tanah, air, dan udara serta upaya konservasinya. Karenanya dalam mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk dapat mengkaji pencemaran tanah dan konservasinya, pencemaran air dan konservasinya, pencemaran udara dan konservasinya, sumber daya energi dan alternative sumber energi, konservasinya dan pembangunan berkelanjutan dan keanekaragaman dan konservasinya di Indonesia. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4525, Pembinaan Kehidupan Keluarga, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan menerapkan kiat-kiat pembinaan dalam kehidupan berkeluarga. Karenanya dalam mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai dan menerapkan kiat-kiat yang berkaitan dengan pendidikan sex, bahaya psikotropika (narkotika dan obat-obatan), bahaya merokok, bahaya bahan kimia makanan, bahaya bahan kimia rumah tangga. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4526, Materi Kurikuler Biologi SMP, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan menerapkan materi biologi untuk mata pelajaran IPA khususnya Biologi di SMP. Materi Biologi di SMP ini meliputi organisme dan keanekaragamannya, pengelompokan makhluk hidup, ekosistem dan peranan manusia dalam pengelolaan lingkungan, struktur dan fungsi alat tubuh tumbuhan, sistem organ manusia dan hewan, perwarisan sifat, kelangsungan hidup, ciri-ciri manusia, dan penggunaan bahan kimia dalam kehidupan. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

PEBI 4527, Materi Kurikuler Biologi SMA, 3 sks.
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan menerapkan materi biologi untuk mata pelajaran Biologi di SMA. Materi Biologi di SMA ini meliputi hakikat biologi dan keanekaragaman hayati, ekologi lingkungan, sel, strukutr dan perkembangan tumbuhan, struktur dan perkembangan hewan, sistem gerak, transportasi dan perencanaan pada organisme serta penyakitnya, sistem ekskresi, respirasi, koordinasi, reproduksi pada organisme serta penyakit yang terkait, genetika dan evolusi, serta peningkatan produksi pangan dan bioteknologi. Kemampuan mahasiswa dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis.

Tinggalkan komentar